Header Ads

Berbagilah, meski itu hanya secuil

Sabtu, 11 Februari 2012

Logixpro Belajar PLC dengan Logixpro

hayoooo, siapa yang belum tau Logixpro?


sebuah software pemrograman PLC yang ramah lingkungan, haha
yap, disini temen-temen bakal nemuin sesuatu yang beda
Logixpro memiliki sebuah GUI yang menggambarkan kondisi sebenarnya

nggak banyak cingcong, langsung aja liat penampakannya

1. Welcome
disisi palig atas, ada toollbar, kiri bawah adalah simulasi, kanan bawah adalah tempat leadder diletakkan, diantara toolbar dengan simulasi, adalah tempat dimana temen2 bisa download, juga memilih leader yang akan di pakai

a. Toolbar
membuat leader baru ==> ctrl+N
membuka file ==> ctrl+O
menyimpan file ==> ctrl+S
menyimpan leadder sebagai gambar ==> ctrl+R
print ==> ctrl+P
keluar aplikasi ==> ctrl+X

b. Edit
berisi insert rung, dan append rung, perintah yang jarang sekali digunakan :p
haha

c. Simulation
berisi tentang simulasi yang pengen temen coba. untuk dasar, adalah I/O. di lanjutkan dengan door simulation, silo simulation , traffic light simulation, batch simulation dan lain2 deh.
Tinggal klik aja, dan akan segera muncul di bagian kiri bawah simulasinya.

d. Setting
Enable sound ==> untuk mengaktifkan suara pada animasi
Enable merlin ==> untuk menampilkan "mbah tua berjenggot putih" gambar aja, kaya gmbar anjing di search win XP, hehe
Enable screensaver ==> taulah gunanya buat apaan, hehe
Font Size ==> merubah ukuran font

e. Comms
Go Offline ==> untuk memindah kan ke mode offline, biasanya digunakan saat mengedit sebuah rung atau ladder
download to PLC ==> untuk mensimulasikan ladder yang telah anda buat dengan mendownloadnya ke simulasi
mode ==> beisi RUN, Program, Text Single
- RUN => digunakan untuk mem PLAY program yang anda buat, dissat ini, anda tidak bisa merubah ladder yang telah anda buat
- Program => digunakan untuk membuat progarm ladder, modus PGM
- Text Signle => adalah memplay dengan mode per step, jadi setiap ladder akan di pantau disini

f. Help
berisi software penunjang serta situs yang wajib temen jelajahi :D

g. Bawahnya Toolbar

- go offline, go online, download to PC, digunakan untuk merubah- rubah mode, dari Offline, online, serta di gunakan untuk mendownload ladder ke Simulasi



- tanda undo pada pojok kanan ==> digunakan sebagai shortcut dari modus Online ke Offline

- dibawah tanda undo adalah tempat dimana agan bisa menemukan semua perintah yang ada di logixpro ini

- scans ==> adalah pengatur seberapa cepat simulasi yang pengen agan lihat, bisa cepat, bisa lambat


ok, sekian dulu pembukaan dari Logixpro, nantikan postingan tentang cara pemrograman Logix pro :)
selamat menikmati

Related Post

Artikel Terkait Lainnya :


0 Comment:

Poskan Komentar

sudahkah anda sholat?

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review